Rabu, 18 Maret 2015

DEFINISI-DEFINISI SOFTSKILL

Soft skill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Soft skill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya.  Namun , softskill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal. 

Soft skill dapat di kategorikan kedalam kekhidupan sosial komunikasi, dan kebiasaan, softskill merupakan keterampilan seseorang yang berhubungan dengan bidang ilmunya, yang melatari adanya softskill adalah karena setiap orang memiliki bakat yang dimana bakat tersebut nantinya akan mempengarusi segi psikologi dari orang tersebut dalam kehidupannya.




Banyak lulusan dari perguruan tinggi baik itu negri dan swasta yang tidak siap menghadapi dunia nyata atau dunia kerja. Persaingan yang ketat kita di tuntut untuk memiliki kempuan yang lebih bukan hanya kemampuan Hardskill (nilai IPK yang tinggi) tetapi kita di tuntut untuk memeliki sebuah kompetensi seorang lulusan.
Berikut ini kompetentsi lulusan yang di harus dimiliki didalam menghadapi persaingan di dunia nyata :
§  Komunikasi tertulis
§  Bekerja dalam tim
§  Teknologi
§  Berpikir logis
§  Berkomunikasi lisan
§  Bekerja mandiri
§  Ilmu pengetahuan
§  Berpikir analitis

Kemampuan-kemampuan di atas sebenarnya kita bisa dapatkan semasa sekolah, kuliah. Organisasilah yang bisa membentuk seseorang bisa memiliki kemampuan-kemampuan di atas, apakah anda memiliki kemampuan-kemampuan tersebut ?Belajar dan belajar itulah jawabannya dan yang paling penting percaya pada kata“PROSES”.
Penguasaan soft skill tidak dapat diperoleh secara instan. Menurut Galuh Setia Winayu, Supervisor Training & Counseling ECC UGM, soft skill hendaknya dilatih secara bertahap sejak dini. “Pendidikan di Indonesia menurut saya justru mendorong anak-anaknya untuk patuh, tidak kritis dan membunuh kreativitas mereka. Hal ini menyebabkan banyak jobseeker yang akhirnya cenderung pasif dan kurang inisiatif,” ungkapnya.

Sama halnya dengan Galuh, Daniel Christiananda, HR Recruitment and Training PT Gameloft Indonesia, kemampuan soft skill idealnya dilatih melalui hal-hal sederhana. “Dalam anggota keluarga misalnya, seorang anak bisa dilatih untuk bersikap sopan, berlatih untuk mengambil keputusan dan mempertanggungjawabkannya,” jelas Daniel. 

Namun, apakah terlambat jika Anda ingin melatih kemampuan soft skill saat ini? Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Berikut tiga cara bagaimana melatih soft skill.

1. Berani jadi pemimpin di organisasi

Dalam mengikuti sebuah organisasi hendaknya jangan hanya menjadi follower, berani mengambil inisiatif untuk menjadi pemimpin dan mengoordinasi pekerjaan. Hal ini akan membuat Anda mampu berkoordinasi dengan baik, mengenal sistem birokrasi, dan memiliki solusi tepat dalam memecahkan masalah. 

2. Mengikuti Outbound 

Banyak jenis outbound yang mengandalkan kerjasama tim ataupun daya pikir personal. Outbound games menuntut pesertanya untuk kreatif karena membutuhkan daya juang tinggi dalam menyelesaikan tiap tantangan. Tidak ada sistem reward maupun punishment, dalamoutbound mereka diharapkan mampu mengambil filosofi di balik permainan yang dilakukan. 

3. Teori dan praktik yang dirangkum dalam pelatihan soft skill 

Training bukanlah shortcut bagi Anda untuk menguasai soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Namun dengan training, Anda diharapkan mampu untuk menguasai materi dan mengaplikasikannya secara spesifik. Dari berbagai macam contoh yang diberikan, Anda diharapkan mampu mengambil pelajaran lebih jauh. Tidak jarang, dalam training terdapat games yang melatih kekompakan dan kreativitas. Melalui soft skill training, Anda bisa belajar banyak secara lebih intens dengan trainer maupun peserta lain tentang permasalahan yang pernah Anda hadapi. 

Ada beragam manfaat yang dapat diperoleh ketika kita mampu menguasai soft skill. Misalnya, dapat menjadi atribut kualitas jasa, mampu menjadi individu mandiri, membangun karakter dan kepribadian yang berkualitas, dapat bersosialisasi dalam tim, menumbuhkan kepekaan wawasan pemikiran dan membentuk jiwa kritis. 

Pengembangan softskills di perguruan tinggi memang harus dilakukan secara integratif dan menyeluruh. Pengembangan softskills tidak hanya sekedar memberikan pelatihan atau kursus softskills, misalnya kursus kepribadian atau teknik komunikasi saja. Sebuah perguruan tinggi idealnya mengembangkan softskill mahasiswa.
Permasalahan klasik yang sering terdengar adalah keluhan bahwa lulusan perguruan tinggi ternyata tidak memenuhi kualifikasi yang diharapkan oleh dunia pekerjaan. Keluhannya adalah bahwa lulusan perguruan tinggi umumya memiliki karakteristik sebagai berikut :kurang tangguh, tidak jujur, cepat bosan, tidak bisa bekerja teamwork, minim kemampuan berkomunikasi lisan dan menulis laporan dengan baik.

13 Ketrampilan Soft Skills…
·         Ketrampilan berkomunikasi yang efektif             
  • Inovasi dan kreativitas
  • Berpikir analitis
  • Fleksibilitas
  • Kesiapan untuk berubah
  • Memiliki sikap dan nilai-nilai yg benar
  • Ketrampilan interpersonnal
  • Ketrampilan negosiasi
  • Ketrampilan persuasif
  • Ketrampilan mengatur waktu
  • Kemampuan memecahkan masalah
  • Kemampuan memimpin dan membangun tim
  • Kemampuan beradaptasi
  • Interpersonal skill dan Intrapersonal skill

         Intrapersonal skill mesti dibenahi dulu sebelum interpersonal skill
         Intrapersonal skill adalah ketrampilan berhub dengan diri dan mengatur diri
         Interpersonal skill adalah ketrampilan berhub dengan orang lain


Ketrampilan intrapersonal
          Transforming charakter
          Transforming belief
          Change management
          Stress management
          Time management
          Creative tinking processes
          Goal setting & life purpose
          Acceleratedlearning purpose
Ketrampilan interpersonal
          Com. Skill
          Relationship building
          Motivation skill
          Leadership skill
          Self marketing skill
          Negotiation skill
          Presentation skillpresentation speech skill




Kesimpulan mengenai pengertian Softskill yang saya dapatkan setelah membaca definisi diatas adalah merupakan bakat seseorang atau kemampuan yang telah dimiliki sejak lahir dan keahlian dalam suatu bidang tertentu yang diminati sejak kecil. Dan dapat terus berkembang jika terus dilatih dan diasah sesuai kemampuan yang dimiliki.


Sumber : http://hiddengrazz.blogspot.com/2010/09/pengertian-softskill-penjelasannya.html
https://ardiiblog.wordpress.com/2013/05/26/definisi-softskill/
http://faridshofwan.blogspot.com/2013/05/definisi-soft-skill_26.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar