Senin, 05 Oktober 2015

Analisis Persentasi Kelompok 1 Tentang Pengertian Akuntansi

A. Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi menurut kelompok satu yang telah saya analisa ulang ialah merupakan Aktivitas Pencatatan, Perhitungan, atau Penganalisaan suatu Kegiatan Ekonomi yang berkaitan dengan angka-angka Keuangan suatu Perusahaan yang nantinya akan dicatat disebuah Laporan Keuangan. Laporan Keuangan suatu Perusahaan ini memiliki sifat yang terbuka, yang harus diketahui oleh pihak Eksternal juga tidak hanya pihak Internal seperti contohnya Investor, Kreditur, ataupun Pemilik Perusahaan itu sendiri dikarenakan pada akhir periodenya akan diteliti atau dianalisa oleh beberapa ahli akuntan untuk mengetahui apakah terjadi kecurangan atau tidak pada Perusahaan tersebut.

B. Standar Akuntansi Keuangan

Sedangkan pengertian Standar Akuntansi Keuangan menurut kelompok satu yang telah saya Analisa ialah suatu cara untuk Menciptakan Metode yang seragam untuk menyajikan informasi Laporan Keuangan yang nantinya akan digunakan oleh berbagai macam Perusahaan dan dapat diteliti dengan mudah karna sudah ada acuan Standarnya.

Badan-badan yang berhubungan dengan Akuntansi

Ada suatu Badan Organisasi di Amerika Serikat yang bertugas untuk menetapkan Standar Akuntansi Keuangannya yaitu Financial Accounting Standard Board (FASB) berdiri pada tahun 1973 yang didirikan untuk menggantikan American Principles Board (APB) sebuah lembaga swasta yang bertanggung jawab untuk membentuk Standar Akuntansi di Amerika Serikat.

Dan diNegara kita sendiripun ada Organisasi yang bertugas sama layaknya FASB diAmerika Serikat yaitu Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang didirikan pada tanggal 23 Desember 1957 untuk membuat Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia.

Dan ada juga beberapa Organisasi lain yang penting dalam Pelaporan Keuangan yang saya catat dari Persentasi dan Penjelasan Dosen kemarin yaitu sebagai berikut:
  • SEC (Securities and Exchange Commision) dibentuk tahun 1934 dengan tugas utama untuk mengatur penawaran dan perdagangan efek oleh Perusahaan kepada Masyarakat.
  • AICPA (American Institute of Certified Public Accounting) merupakan organisasi profesional dari para Akuntan publik yang tersertifikasi.
  • PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) merupakan acuan yang diterapkan pada Negara Indonesia saat ini.
  • PABU (Prinsip Akuntansi Berstandar Umum)
Itulah kurang lebih Analisa saya terhadap materi yang sudah diterangkan oleh Kelompok 1 dalam Matakuliah Akt. Keuangan Menengah 1A & 1B Prak** .

Ada beberapa soal yang telah diberikan oleh Kak Mailda Alfriska selaku Dosen Matakuliah Akt.Keuangan Menengah 1A & 1B Prak** antara lain :
  1. Tantangan apa saja yang akan dihadapi oleh seorang Akuntansi ? Menurut saya tantangan yang akan dihadapi oleh seorang Akuntansi adalah terjadinya Laporan Keuangan yang tidak sesuai maksudnya ialah jika terjadi kesalah perhitungan maka akan ada kekurangan yang tidak sesuai dengan jumlah dana yang ada dan juga ketepatan waktu dalam mengerjakan Laporan Keuangan dalam 1Periode yang sudah ditentukan.
  2. Apakah Standar Akuntansi di Indonesia dan di Luar Negeri ? Menurut saya di Indonesia seperti yang telah saya jelaskan diatas yaitu masih mengacu pada PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) sedangkan diluar negeri saat ini rata-rata telah mengacu pada IFRS yaitu Internasional Finansial Reporting Standard.
  3. Apakah sama Laporan Keuangan dan Pelapor Keuangan ? Tidak, Karena menurut saya Laporan Keuangan itu adalah bagian dari Pelapor keungan, Maksudnya adalah pelapor keuangan ialah seseorang atau kelompok yang bertugas untuk melaporkan informasi laporan keyangan tadi kepada pihak diluar Lingkungan Internal.

Sumber: Hasil Persentasi Kelompok 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar