Rabu, 25 November 2015

Analisis Persentasi Kelompok 8 Tentang Piutang

A. Pengertian Piutang
       Pengertian piutang menurut kelompok 6 yang telah saya analisa ulang adalah salah satu transaki dalam akuntansi yang biasanya hasil dari penjualan yang dilakukan perusahaan maupun perorangan yang dimana membebankan hutang kepada pembelinya.

B. Jenis-Jenis Piutang
  1. Piutang Usaha merupakan jumlah tagihan yang akan dilakukan oleh perusahaan kepada pembeli dari pembelian barang maupun jasa secara kredit.
  2. Piutang Wesel merupakan jumlah tagihan yang akan dilakukan oleh perusahaan sesuai kesepakatan pembuat wesel dimana perusahaan menagih piutang kepada pembuat wesel sesuai kesepakatan yang telah disetujui.
  3. Piutang Lain-Lain merupakan piutang yang pada umumnya diklasifikasikan dan dilaporkan secara terpisah dalam neraca. Contohnya adalah piutang bunga, piutang deviden, piutang pajak, dan tagihan kepada karyawan.
C. Anggaran Piutang
      Anggaran piutang yang telah saya analisa dari pernyataan Kelompok 8 ialah sebuah rencana yang akan diberikan dan rencana penilaian serta penagihannya pada periode yang telah ditentukan yang bertujuan untuk menunjang penyusunan anggaran kas sehingga kelancaran usaha perusahaan tidak terganggu.

Pertanyaan yang terdapat saat Persentasi
       Apa yang perbedaan Debitur dengan Kreditur dalam kegiatan Piutang?
Debitur ialah orang yang melakukan kegiatan transaksi berupa peminjaman dana atau berhutang kepada orang lain.
Kreditur ialah orang yang melakukan kegiatan transaksi berupa meminjamkan dana atau memberikan hutang kepada orang lain.


Sumber: Hasil Persentasi Kelompok 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar