Senin, 02 November 2015

REVIEW BUKU THE HOBBIT



Judul                      : Hobbit
Pengarang             : J.R.R. Tolkien
Penerjemah           : A. Adiwiyoto
Sampul                   : Eduard Iwan Mangopang
Penerbit                 : Gramedia Pustaka Utama
Jenis                       : Fantasi
Jumlah Halaman : 348 halaman
ISBN                       : 978-686-767-2

Sinopsis Buku              :

        Bilbo Baggins, seorang Hobbit yang tinggal di liangnya yang nyaman, diminta oleh seorang penyihir tua bernama Gandalf untuk ikut berpetualang bersama 13 Kurcaci demi merebut kembali harta leluhur bangsa Kurcaci yang dirampas oleh seekor Naga besar yang kejam bernama Smaug.

        Perjalanan mereka ternyata tidak mudah. Di tengah jalan menuju Gunung Sunyi tempat tinggal Smaug, rombongan Bilbo menemui banyak rintangan seperti kakak-beradik Troll yang bodoh, para serigala ganas yang disebut Warg, pasukan Goblin yang kejam, laba-laba raksasa di Hutan penuh sihir, ditangkap oleh Kerajaan Peri, sampai akhirnya mereka terlibat dalam perang bersejarah antara 5 bangsa. Dalam petualangannya ini Bilbo menemukan sebuah Cincin di Gua Gollum, yaitu sebuah cincin yang kelak akan mengubah takdir dunia.

  •         Kelebihan : Buku ini adalah karangan J.R.R. Tolkien, tentu saja dari segi cerita tidak diragukan lagi. Dunia fantasi yang diciptakan Tolien merupakan hal yang tidak biasa pada zamannya. Ditambah dengan adanya gambar-gambar ilustrasi yang membantu pembaca dalam menggambarkan imajinasi. Dan menurut saya pribadi, keunggulan nomor satu dari buku ini adalah gaya narasi Tolkien yang khas, membuat saya merasa membaca dongeng tanpa terkesan "didongengi". Penterjemah bahasa Indonesia buku ini boleh dibilang berhasil dengan sempurna dalam menterjemahkan gaya bahasa Tolkien ke dalam bahasa Indonesia.

  •         Kekurangan : Tidak seperti karya Tolkien berikutnya, yaitu Lord of the Rings yang ditulis dalam 6 buku dan memuat kisah yang panjang, The Hobbit ini hanya ditulis dalam 1 buku yang rasanya kurang banyak untuk menggambarkan banyaknya peristiwa dalam buku The Hobbit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar